Beranda Lampung Federasi Arung Jeram Pemprov Lampung Dipercaya Untuk Menggelar Kejuaraan Nasional Arung...

Federasi Arung Jeram Pemprov Lampung Dipercaya Untuk Menggelar Kejuaraan Nasional Arung Jeram

Lampunglive.com – Federasi Arung Jeram “FAJI Pemprov Lampung mendapat mandat Dispora provinsi Lampung untuk mengelar kejuaraan Nasional Arung Jeram.

Setelah melalui kordinasi dan kelayakan lokasi kejurnas Kabupaten Way Kanan, resmi terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arum Jeram, kegiatan tersebut akan berlangsung pada tanggal 5 – 10 Desember 2021 yang akan melintasi jalur sungai Way Besai, yang berada di Kampung Bonglai, Kecamatan Banjit.

Ketua Federasi arum jeram kabupaten way Kanan Edwin Hendri saat dikonfirmasi membenarkan bahwa way kanan akan menjadi tuan rumah kejurnas arum jeram tahun 2021.

Endwin Hendri mengatakan sangat bersyukur dengan ditunjuknya kabupaten way Kanan menjadi tuan rumah kejurnas arum jeram ini, karena selama pademi covid-19 kegiatan kejurnas ini vakum, terakhir dilaksanakan di provinsi jambi pada tahun 2019.

Dilain tempat Kepala Dinas PORAPAR Kab Way Kanan Toupik Hidayatno mengatakan “Kejurnas arum jeram ini akan berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata dikabupaten way kanan selain sebagai ajang promosi tempat – tempat wisata yang ada di way kanan, kejurnas ini juga akan berdampak positif untuk ekonomi warga sekitar karena para Kontingen akan bermalam di home stay rumah warga yang sudah disiapkan warga.

Selain itu menurut Kadis Porapar Toupik Hidayatno kejurnas arum jeram tersebut akan diikuti oleh atlit – atlit nasional dari tiap provinsi untuk memperebutkan posisi terhormat dimana mereka akan bertanding membawa bendera provinsi masing-masing.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk atlit – atlit arum jeram way kanan khusus, umumnya Lampung untuk menunjukan kemampuan untuk berprestasi di tingkat kejuaraan Nasional.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Disparekraf Provinsi Lampung, Melly Ayunda, Kejurnas Arum Jeram ini sangat menarik. Merupakan salah satu cara efektif untuk mempromosikan pariwisata.

Karena Sport tourism bisa memperkenalkan serta mengangkat potensi destinasi suatu daerah yang mampu menghadirkan banyak wisatawan seperti atlet yang mengikuti kejuaran ini yang berasal dari beberapa propinsi.

Selain itu, saat ini tren mengenai sport tourism terus meningkat dan diminati masyarakat. Dan sport tourism  di Lampung sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

Apalagi, Sungai Way Besai mempunyai karakteristik yang sangat menarik. Mulai arus sungainya, kedalaman sungai serta jalur keloknya. Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Propinsi Lampung men-support kegiatan ini karena diharapkan impact-nya sangat positif buat daerah dan masyarakat sekitar

Kemenpora dan Kemenparekraf juga telah menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan industri pariwisata olahraga pada September 2020 lalu. Kedua instansi saling berkolaborasi untuk mewujudkan event olahraga di destinasi wisata yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Hal ini juga dapat dilaksanakan di tiap daerah, berkolaborasi.