Beranda Korem Ksatria Radin Intan Bantu Amankan Masyarakat Kembali ke Kiwirok

Ksatria Radin Intan Bantu Amankan Masyarakat Kembali ke Kiwirok

Pegunungan Bintang – Satgas Yonif 143/TWEJ yang lebih dikenal dengan sebutan Ksatria Radin Intan bersama dengan Satgas Damai Cartenz dan juga aparat setempat membantu amankan warga masyarakat kembali ke Kampung yang sempat ditinggalkan seiring bergejolaknya keamanan saat itu di Distrik Kiwirok, Kab. Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (30/11/2022).

Dengan hanya berjalan kaki dari Oksibil sebanyak 18 orang warga Distrik Kiwirok yang dipimpin Bapak Yuspani Nawipa telah sampai dikampungnya dengan selamat dan disambut oleh Satgas Yonif 143/TWEJ, Satgas Damai Cartenz dan Aparat setempat.

Hal ini dibenarkan oleh Wadan Satgas Yonif 143/TWEJ Mayor Inf Adi Ariyanto saat dikonfirmasi mengatakan hari ini menyambut kedatangan 18 orang masyarakat Distrik Kiwirok yang mengamankan diri ke Distrik Oksibil.

“Turut hadir Pabung Kodim 1715/Yahukimo, Bupati Pegubin Bapak Yan Spei Bidana dan Jajaran Forkopimda, Kadistrik Kiwirok Bapak Abedeus Tepmul dan Toga Bapak Pendeta Leo Uopmabin,” ujar Wadan.

“Distrik ini ditinggalkan masyarakatnya sejak setahun yang lalu akibat konflik yang ditimbulkan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) Ngalum Kupel pimpinan Lamek Alepki Taplo. Maka dari itu kami Satgas Yonif 143/TWEJ bersama dengan Satgas Damai Cartenz dan juga Aparat setempat akan selalu siap sedia untuk menjaga keamanan mereka,” Imbuhnya.

Kerinduan masyarakat Distrik Kiwirok untuk dapat menikmati hidup dengan aman dan damai telah lama mereka dambakan cukup lama, baru pada hari ini mereka dapat kembali untuk menata kehidupan baru.

Seperti diungkapkan Kepala Distrik Kiwirok Bapak Abedeus Tepmul saat hadir menyambut warganya menyampaikan terima kasih kepada TNI/POLRI, Pemda dan seluruh pihak terkait yang telah ikut berupaya mengembalikan warganya kembali.

“Ucapan terimakasih kami kepada semua pihak baik dari TNI/POLRI, Pemda dan aparat terkait lainya yang telah membantu proses kembalinya warga Kami dan kami memiliki harapan aktivitas seluruh masyarakat dapat segera berjalan normal kembali, hal ini mustahil terwujud apabila keamanan tidak kondusif oleh karena itu saya mohon aparat keamanan untuk bantu kami wujudkan hal itu,” jelas Kadistrik.

Sementara itu Bupati Yan Spei Bidana beserta Forkopimda Kabupaten Pegunungan Bintang tiba di Distrik Kiwirok menggunakan transportasi udara hal ini menjadi momentum bahwa aktivitas di Distrik Kiwirok sudah kembali seperti sedia kala.

“Hari ini kita secara resmi sudah mendaratkan pesawat kembali dan hal ini menandakan bahwa aktivitas di Distrik Kiwirok sudah kembali seperti biasa, terima kasih kepada TNI/POLRI yang yang sudah menjaga stabilitas keamanan Distrik Kiwirok selama ini,” ujar Bupati.