Beranda Uncategorized 8 Penekanan Kapolres Tulang Bawang Saat Pimpin Apel Serpas Pengamanan Pilkakam Serentak...

8 Penekanan Kapolres Tulang Bawang Saat Pimpin Apel Serpas Pengamanan Pilkakam Serentak Tahun 2023

Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, menggelar Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Pengamanan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak tahun 2023.

Apel Serpas ini berlangsung hari Senin (18/09/2023), pukul 14.30 WIB s/d selesai, di lapangan Mapolres setempat dan dipimpin langsung oleh Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK.

“Pilkakam serentak tahun 2023 di Kabupaten Tulang Bawang ini tersebar di 67 Kampung, 14 Kecamatan, dan diikuti oleh 186 calon Kepala Kampung (Kakam),” kata AKBP Jibrael mengawali amanatnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan pengamanan Pilkakam ini melibatkan 424 personel, yang dalam pelaksanaannya akan sangat bergantung kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung.

“Tidak hanya calon Kakam yang dituntut untuk taat dan patuh pada regulasi yang ada, akan tetapi juga pihak panitia Pilkakam wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan,” papar perwira dengan melati dua dipundaknya.

Kapolres menerangkan, ada 8 penekanan untuk dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkakam serentak tahun 2023 di Kabupaten Tulang Bawang, yaitu :

Pertama, pahami bahwa tugas pengamanan Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Tulang Bawang ini adalah merupakan suatu penghargaan, kehormatan, serta kebanggaan sekaligus menjadi amal ibadah, maka dari itu jaga perilaku, dan tingkah laku di masyarakat. Jangan sekali-kali menyakiti hati masyarakat dengan perilaku yang melanggar kode etik Polri, disiplin, dan tindak pidana.

Kedua, jalin sinergitas antara unsur pemerintah, TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas.

Ketiga, segera kenali, cari, temukan, dan atasi, serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Tulang Bawang.

Keempat, tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Tulang Bawang.

Kelima, babinsa dan bhabinkamtibmas harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoax, serta meningkatnya politik identitas.

Keenam, inventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengggunakan hak pilihnya dengan aman.

Ketujuh, pelaksanaan apel ini sebagai salah satu kesiapan aparatur TNI-Polri dan pemerintah daerah Kabupaten Tulang Bawang dalam menghadapi Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Tulang Bawang.

Kedelapan, sebelum kita melaksanakan tugas dilapangan agar selalu berdoa kepada Allah SWT, Tuhan YME agar diberikan keselamatan dan lindungan dalam mengawal rangkaian Pilkakam sehingga dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

“Intinya, semua personel baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pengamanan Pilkakam secara serentak tahun 2023, agar dapat melaksanakan tugas secara all out dan tidak underestimate,” terang Alumni Akpol 2001. (*)