Beranda Lampung Selatan Winarni Buka Kegiatan Lomba Qasidah Tingkat Kabupaten Lampung Selatan

Winarni Buka Kegiatan Lomba Qasidah Tingkat Kabupaten Lampung Selatan

Kalianda – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar lomba qasidah tingkat kabupaten.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum Lembaga Seni dan Qosidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, yang berlangsung di panggung outdoor Gedung Olahraga (GOR) Way Handak, Kalianda, Kamis (9/3/2023).

Kepala Bagian Kesra, selaku Ketua panitia penyelenggara, Firmansyah melaporkan, lomba qasidah tingkat kabupaten diikuti 31 grup, baik dari tingkat remaja maupun ibu-ibu.

“Adapun untuk hadiah yang kami siapkan dari DPA Bagian Kesra Setdakab Lampung Selatan  yaitu, juara I mendapat Rp3 juta, juara II Rp2 juta dan juara ketiga Rp1,5 juta ditambah dengan tropi dan piagam,” kata Firmansyah

Firmansyah menambahkan, lomba qasidah tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Syiar Islam dan Menjadikan Masyarakat Lampung Selatan yang Bertalenta dan Berprestasi”.

“Dengan tema ini, harapannya dapat membentuk talenta masyarakat Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Firmansyah.

Sementara, Hj. Winarni Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan, qasidah merupakan salah satu seni yang dapat dijadikan sebagai media dakwah, yang memiliki dampak luas terhadap masyarakat.

“Dengan qasidah kita berupaya mengenalkan seni budaya Islam kepada generasi-generasi muda agar mengenal dan mencintai budaya Islam,” kata Winarni.

Lebih lanjut Winarni menyampaikan, lomba qasidah juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kaum muda Lampung Selatan yang memiliki rasa kepedulian, kecintaan dan penghargaan terhadap seni budaya Islam agar senantiasa terjaga kelestariannya.

“Hal ini menjadi tanggung jawab dan tugas kita bersama, baik pemerintah daerah, lembaga seni budaya, tokoh agama, termasuk para seniman, untuk melaksanakan berbagai tantangan yang dihadapi melalui pintu dan bahasa seni budaya Islami,” ujarnya.

Winarni berharap, kepada 31 anggota grup qasidah yang mengikuti lomba, agar dapat mengikuti perlombaan dengan sebaik-baiknya, dengan menampilkan performa terbaiknya.

“Nanti pemenang juara I dari tingkat remaja akan kita kirimkan untuk mewakili Lampung Selatan dalam lomba qasidah tingkat Provinsi Lampung. Ibu-ibunya yang menang nanti jika ada lomba di kabupaten lain, akan kita turut sertakan juga mewakili Lampung Selatan,” tuturnya.

Dikesempatan itu, Ketua Umum LASQI Kabupaten Lampung Selatan, jajaran Organisasi Perangkat Daerah beserta dewan juri menyempatkan diri unjuk kebolehan berqasidah dengan lagu yang berjudul Perdamaian.