Beranda Lampung Selatan Ketua TP PKK Lampung Selatan Hadiri Pelatihan Kewiraushaan Pekerja Migran Indonesia Purna...

Ketua TP PKK Lampung Selatan Hadiri Pelatihan Kewiraushaan Pekerja Migran Indonesia Purna Dan Keluarga Di Kecamatan Palas

Diskominfo Lamsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto hadiri kegiatan Pelatihan Kewiraushaan Pekerja Migran Indonesia Purna dan Keluarganya di Kecamatan Palas, Kamis (09/03/2023).

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Lampung, yang berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 7 hingga 10 Maret 2023 di Desa Bumi Daya.

Ahmad salabi, selaku Ketua BP3MI Provinsi Lampung melaporkan, pelatihan tersebut dikhususkan untuk para pekerja luar negeri yang telah kembali ke Indonesia agar mereka memiliki kemampuan dan keterampilan.

“Pelatihan ini juga ditujukan agar setibanya di Indonesia para pekerja migran tersebut tidak akan kembali ke luar negeri, mengingat jauh dari keluarga terutama anak dan suami,” kata Ahmad salabi.

Ahmad salabi berharap, pelatihan yang mereka dapatkan bisa diterapkan di kehidupan mereka sehari hari dan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini para pekerja ini menetap di Desa dengan memnafaatkan pelatihan yang diterima untuk membantu perekonomian keluarga. Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan ini merupakan hal penting untuk membangun kemampuan dan keterampilan para pekerja migran agar bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk meningkatkan perekonomian keluarga tanpa harus bekerja di luar negeri.

“Pelatihan ini perlu mereka dapatkan agar digunakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga tanpa harus bekerja di luar negeri,” kata Winarni.

Menanggapi yang disampaikan Ahmad Salabi, Winarni membernarkan, bahwa anak-anak perlu didikan dari seorang ibu untuk tumbuh kembang kedepannya, maka dari itu pemberdayaan untuk para pekerja yang kebetulan hadir disini semua perempuan perlu dilakukan.

“Sebuah keluarga butuh adanya sosok perempuan terutama anak anak, maka itu pemberdayaan dan pelatihan untuk para perempuan perlu dilakukan,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan program yang ada di PKK untuk perempuan ikut berupaya mensejahterakan keluarga dan bisa memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan produktif dengan memiliki K3 yaitu kandang, kolam dan kebun.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan program PKK untuk perempuan turut membantu perekenomian keluarga salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi lahan yang produktif,” ujarnya.