Beranda Lampung Selatan Ketua TP PKK Lampung Selatan Membuka Kegiatan Lomba Desa Di Kecamatan Sidomulyo

Ketua TP PKK Lampung Selatan Membuka Kegiatan Lomba Desa Di Kecamatan Sidomulyo

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto hadiri dan membuka kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Kecamatan Sidomulyo, Senin (07/03/2023).

Penilaian Lomba Desa ini dilakukan di Desa Campang Tiga, Kecamatan Sidomulyo merupakan titik ke 15 yang mendapatkan penilaian oleh Tim Penilai Lomba Desa dari Kabupaten.

Masri Efendi selaku Kepala Desa Campang Tiga menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Campang Tiga maju lomba desa mewakili Kecamatan Sidomulyo.

“Saya atas nama desa mengucapkan terima kasih ini berkat dukungan pemerintah kecamatan desa serta gotong royong masyarakat yang mendukung dan mendorong untuk Campang Tiga maju dalam lomba Desa,” ujarnya.

Dirinya memaparkan, ada 3550 Jiwa yang menjadi warganya dengan jumlah RT 16 dari 5 dusun yang ada di Desa Campang Tiga. Dibidang pendidikan Desanya memiliki 2 unit PAUD, 2 unit SD, MTS dan SMP 2 unit dan dibidang Kesehatan Desa memiliki 1 Puskesmas Desa dan 4 Posyandu.

“Di Desa kami ada 2 unit PAUD dan TK, 2 unit SD, 2 unit Mts dan SMP juga terdapat PuskesDes dan 4 posyandu,” ungkapnya.

Sementara itu, Winarni dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah kecamatan serta semua elemen lembaga di kecamatan yang telah memberikan pembinaan dan menyiapkan Desa Campang Tiga untuk maju lomba Desa tingkat Kabupaten.

“Terima kasih Pemerintah Kecamatan juga semua elemen lembaga di Sidomulyo yang memberikan pembinaan kepada Desa yang mewakili Kecamatan,” kata Winarni.

Menurutnya, maju dalam lomba Desa bukan hal mudah butuh kerjasama gotong royong serta dukungan dan persiapan dari masyarakat desa Campang Tiga agar bisa maju ke tahap selanjutnya.

“Ini bukan suatu hal yang mudah, ini butuh gotong royong kerjasama juga dukungan dari semua masyarakat di Desa Campang Tiga,” tuturnya.

Winarni juga mengungkapkan, Lomba Desa merupakan ajang untuk mengevaluasi dan juga berbenah agar desa tersebut bisa lebih maju dan lebih baik.

“Setelah penialaian ini, pasti akan ada dampak positif untuk perkembangan dan kemajuan di Desa,” ucap Winarni.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan politik Yanny Munawarty yang membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan menyampaikan, apresiasi kepada Kecamatan Sidomulyo khususnya kepada Kepala Campang Tiga yang telah menyiapkan Desanya untuk lomba desa.

“Untuk mencapai tujuan pembangunan Desa ada Dua Indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa, dimana keduanya menjadi patokan ataupun tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa,” ujarnya.

Selain itu dirinya mengatakan, Penilaian Lomba Desa Tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya.

“Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi 3 (Tiga) Bidang, yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan,” jelasnya.

“Tim Penilai juga akan melaksanakan penilaian perlombaan Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat (BBGRM) yang telah menetapkan 4 (Empat) Instrumen Penilaian yaitu: Bidang Kemasyarakatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Agama dan Bidang Lingkungan,” jelasnya lebih lanjut.

Diakhir sambutannya, Yanny Munawarty meminta, kepada tim penilai untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat reformasi, berikan penilaian secara objektif dan selektif.

“Sehingga nantinya akan benar-benar menghasilkan desa juara yang berprestasi untuk mewakili Kabupaten yang kita cintai ini,” tandasnya.