Beranda Lampung Selatan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto Terima Penghargaan Inisiator Olahraga SIWO PWI Pusat

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto Terima Penghargaan Inisiator Olahraga SIWO PWI Pusat

Lampunglive.com – Kendari,– Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menjadi salah satu dari tiga tokoh Lampung yang menerima penghargaan inisiator olahraga Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Pusat tahun 2022.

 

Penghargaan tertinggi bagi para insan olahraga itu diserahkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Almali pada rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Ballroom Hotel Plaza In, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (08/02/2022).

 

Selain Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, tokoh Lampung lainnya yang juga menerima penghargaan Inisiator Olahraga Indonesia 2022 dari SIWO PWI Pusat adalah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Anggota DPRD Lampung Mirzani Djausal.

 

Inisiasi penghargaan itu sengaja dipersembahkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga yang diberikan langsung oleh Menpora, Zainudin Almali dan PWI Pusat untuk memperkokoh pondasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagai pilar sukses emas 2045.

 

Ketua SIWO PWI Lampung, Edi Purwanto mewakili Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah menjelaskan, pemilihan penerima penghargaan itu dipastikan objektif. Menurutnya, penilaian berdasarkan rekam jejak serta kepedulian para tokoh terhadap dunia olahraga di daerahnya.

 

Ketua SIWO PWI Lampung yang akrab disapa Don Pecci ini mengatakan, Bupati Lampung Selatan menjadi salah satu tokoh penerima penghargaan Inisiator Olahraga Indonesia 2022 dari SIWO PWI Pusat karena kepeduliannya terhadap dunia olahraga.

 

Hal itu kata Don Pecci, terbukti dari jejak rekam jejak Nanang Ermanto yang mensupport perhelatan Liga 3 Sepakbola Indonesia Tahun 2021 lalu dengan menjadi tuan rumah.

 

“Karena hanya Lampung Selatan yang memiliki 2 buah stadion tertutup di Provinsi Lampung yang dinilai layak dan mampu untuk menjadi tuan rumah. Itu pun berkat kemauan Bupati mensupport habis perhelatan Liga 3 ditengah pandemi dengan berbagai skema dan antisipasi,” ujar Don Pecci melalui pers rilisnya, Selasa (08/02/2022).

 

 

Selain itu lanjut Don Pecci, Nanang Ermanto juga tercatat menjadi satu-satunya bupati yang melepas kontingen PorSIWO Lampung Selatan pada November 2021 lalu.

 

“Ditambah kekinian dia (Nanang Ermanto) berencana membangun di area seluas 4 hektare untuk membangun sirkuit motorcross,” jelasnya.

 

Sementara kata Don Pecci, untuk Gubernur Lampung Arinal sendiri menerima penghargaan Inisiator Olahraga Indonesia 2022 dari SIWO PWI Pusat karena terbukti dengan masuknya Provinsi Lampung menjadi 10 besar pada PON XX setelah bertahun-tahun tak berjaya.

 

Sehingga, atas support Gubernur Arinal itu total perolehan medali yang dikumpulkan oleh pahlawan olahraga Lampung pada PON XX Papua 2021 berjumlah 36 medali, dengan rincian 14 emas, 10 perak, dan 12 perunggu.

 

“Pak gubernur all in mensupport, baik dari segi pembaharuan KONI, bantuan dana atlet, fasilitas dan sebagainya,” kata dia.

 

Selajutnya, ada juga Anggota DPRD Lampung Mirzani Djausal. Don Pecci mengatakan, jika beliau juga tercatat sebagai politisi yang sangat peduli dengan olahraga.

 

Sebab, selain anggota DPRD, Mirzani Djausal juga menjabat sebagai Ketua Pengprov Baseball dan Softfball dengan peraihan emas pertama di PON Papua. “Dia mendorong Softball dikancah nasional,” terang Don Pecci.

 

Don Pecci juga menyebut, bahwa SIWO PWI Pusat tidak mengumbar dalam memberikan penghargaan. Ini tercermin dibentuknya dewan juri indipenden untuk melakukan penjurian terhadap tokoh yang dinilai pantas terpilih menerima penghargaan dari mereka-mereka yang diusulkan oleh 35 SIWO daerah se-Indonesia.

 

Dari maksud Hari Pers Nasional 2022 dan penerimaan penghargaan diatas jelas sudah terbayang, bahwa apa itu maksud dan tujuan pengurus harian dan penasehat PWI Lampung dan beberapa orang IKWI Lampung datang ke Kendari.

 

“Tak lain adalah menjemput kebanggaan untuk ‘Sang Bumi Ruwa Jurai’. Tidak hanya kebanggaan organisasi tapi juga masyarakat luas, pemangku kebijakan dan pemerintahan yang selalu ‘selangkah se-ayun’ dalam sinergitas hal positif untuk Lampung Berjaya,” pungkasnya. (Rls)