Beranda Lampung Lima Perahu Jenis Katir Rusak Usai Dihantam Ombak

Lima Perahu Jenis Katir Rusak Usai Dihantam Ombak

Kotaagung – Lampunglive.com Sebanyak lima perahu jenis Katir milik nelayan di RT 14 Kapuran Pasarmadang Kecamatan Kotaagung mengalami kerusakan dan bahkan ada yang tenggelam usai dihantam ombak pada Kamis dini hari (2/7).

Ketua RT 14 Hidayat yang ditemui saat evakuasi bersama Anggota Pol Airud Brigpol Zam Zam mengatakan kejadian terjadi sekitar pukul 03.00 WIB saat itu memang ombak sedang tinggi disertai pula dengan angin tenggara.

“Kejadiannya sekitar pukul 03.00 WIB, nelayan kaget saat hendak melaut perahunya tidak ada setelah ditelusuri ternyata perahu bergeser jauh dari tempat ditambatkan, kondisinya mengalami keruskan dan bahkan ada yang tenggelam,”ujar Hidayat.

Dijelaskan Hidayat kelima perahu yang rusak milik Maropi mengalami rusak jaring dan perahu patah ,Ronita perahunya hancur juga patah serta jaring rampusnya rusak, Sarip Rina mengalami rusak pada jaring rampus. Sedangkan Maldani dan Sarip Ndut perahunya tenggelam berikut mesin jenset.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan dari kelima nelayan tersebut kerugian diperkirakan mencapai Rp 25 juta,” sebut Hidayat.

Atas kejadian ini lanjut Hidayat nelayan di RT yang ia pimpin berharap ada bantuan dari pihak terkait dan juga nelayan di Kapuran berharap pemerintah dapat membangun break water (pemecah ombak) sehingga kejadian ombak menerjang perahu dan perumahan bisa diminimalisir.

“Nelayan sangat mengharapkan segera di bangun break water, kan kalau ada break water ombak kepantai tidak terlalu tinggi sehingga para nelayan dapat tenang saat menambat labuh-kan perahunya,”harapnya.(*/Gunawan)