Beranda Pemprov Kemendikbud Puji Gubernur Arinal, Festival Seni Siswa Tingkat Nasional Berlangsung Sukses

Kemendikbud Puji Gubernur Arinal, Festival Seni Siswa Tingkat Nasional Berlangsung Sukses

Lampunglive.com – BANDAR LAMPUNG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memuji Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas suksesnya penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Ke-12 Tahun 2019, pada 15-21 September di Lampung.

FLS2N yang diikuti ribuan siswa official, pendamping, juri dan panitia itu dinilai luar biasa dan meriah.
“Apresiasi setinggi-tingginya kepada pak Gubernur karena penyelenggaraan FLS2N di Lampung sangat luar biasa,” ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Didik Suhardi saat membuka acara itu bersama Gubernur Arinal di Ballroom Novotel Lampung, Senin (16/9).

Sekjen Kemendikbud ini berharap ajang ini selain dapat mengembangkan bakat siswa di bidang seni juga dapat mempersatukan seluruh keberagaman para peserta yang berasal dari 34 Provinsi.

Pada bagian lain, Sekjen Kemendikbud mengungkapkan jika penyelanggaraan FLS2N merupakan rangkaian dalam memperkuat program pendidikan karakter murid di sekolah karena pendidikan tidak hanya bertumpu pada pendidikan dalam bidang akademik tapi juga non akademik.

“Seni merupakan bagian fungsi dari pendidikan. Kita ingin mengoptimalkan kemampuan anak-anak kita di bidang seni dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya sehingga kemampuan seninya dapat terasah dengan baik, karena kita punya kekuatan budaya yang luar biasa” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal mengatakan FLS2N berkontribusi dalam menyiapkan generasi emas Indonesia. Oleh sebab itu sudah sepantasnya menempatkan FLS2N tak sekadar ajang kompetensi mengumpulkan medali, tetapi juga sebagai tolak ukur pembinaan kesenian di sekolah.

Jika anak-anak memiliki talenta seni harus terus didorong, sehingga kelak mereka dapat menjadi seniman yang professional dan handal. “Seni budaya dan kreatifitas itu penting karena akan berefek pada perekonomian,” ujar Gubernur.

Gubernur berharap ajang yang bertajuk “Seni Menyatukan Keberagaman” ini bisa mencetak prestasi yang tinggi yang tidak hanya menjadi kebanggaan provinsi ataupun daerahnya tapi juga kebanggaan bagi siswa Indonesia pada umumnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar dalam laporannya menyampaikan jika pelaksanaan FLS2N tahun ini dilaksanakan pada tanggal 15-21 September 2019. Acara ini diselenggarakan di dua tempat yaitu Provinsi Lampung dengan peserta dari jenjang SMA, SMK dan SLB dan Provinsi Banten untuk jenjang SD dan SMP baik negeri maupun swasta.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini, menurut Sulpakar, antara lain untuk menanamkan apresiasi seni dan sastra, menguatkan pendidikan karakter, mengembangkan sikap kompetitif dan mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.

Jumlah peserta kurang lebih 3.904 partisipan, dengan rinciannya 2.210 peserta, 1436 siswa di Lampung dan 714 siswa di Banten. Sisanya dari official, pendamping, juri dan panitia.

“Para peserta ini akan mengikuti 15 jenis perlombaan, di antaranya yakni menyanyi, gitar, musik tradisonal, tari kreasi, tari tradisonal, puisi, teater, film pendek, melukis dan MTQ,” jelas Sulpakar.