Beranda Pendidikan Ayo Kirimkan Film Terbaikmu, FFMI 2019 Rebutkan Piala Bergilir Kemenristekdikti

Ayo Kirimkan Film Terbaikmu, FFMI 2019 Rebutkan Piala Bergilir Kemenristekdikti

Lampunglive com – BANDARLAMPUNG – Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2019 akan memperebutkan Piala Bergilir Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Adapun terdapat 10 penghargaan yang akan diberikan kepada pemenang dalam FFMI 2019 yakni film mahasiswa terbaik, sutradara film mahasiswa terbaik, aktor film mahasiswa terbaik, aktris film mahasiswa terbaik, penyunting gambar film mahasiswa terbaik, penata gambar film mahasiswa terbaik, penata musik film mahasiswa terbaik, ide cerita film mahasiswa terbaik, pemeran pendukung pria film mahasiswa terbaik, dan pemeran pendukung wanita film mahasiswa terbaik.
Penanggung Jawab FFMI 2019 Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengatakan gelaran FFMI 2019 pertama kali dilakukan oleh IIB Darmajaya. “Banyaknya penghargaan yang akan diberikan kepada sineas muda di Indonesia. Ada sepuluh penghargaan dan juga piala bergilir Kemenristekdikti,” ungkapnya.

Muprihan menerangkan bahwa total puluhan juta rupiah hadiah disediakan oleh Kemenristekdikti. “Panitia telah mengirimkan undangan kepada seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Untuk info lebih lanjut dapat melihat di website ffmi2019.darmajaya.ac.id atau belmawa.ristekdikti.go.id,” jelasnya.

Dia berharap terdapat banyak karya yang masuk ke panitia pendaftaran. “Silahkan langsung mengirimkan karya film terbaiknya dari mahasiswa ataupun UKM kampusnya. Seleksi akan dilakukan dengan penjurian menghadirkan dari nasional yang telah malang melintang di dunia perfilman,” tuturnya.

Adapun pendaftaran dimulai 6 Mei 2019 – 15 Juni 2019 dan malam anugerah FFMI 2019 pada Sabtu 20 Juli 2019. Ketentuan lomba sebagai berikut yakni jenis film yang dilombakan adalah fiksi/ film pendek. durasi film maksimal 10 (sepuluh) menit, berwarna dan bersuara.
Tahun pembuatan film 2018 dan 2019 dibuat oleh organisasi mahasiswa khususnya UKM dan HIMA. Produser, sutradara, dan penulis skenario/naskah film adalah mahasiswa aktif terdaftar di PD-Dikti.

Apabila film menggunakan dialog/narasi bahasa daerah atau asing, maka harus diberi subtitle Bahasa Indonesia. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu film.

Film yang pernah diikutsertakan ke dalam FFMI sebelumnya tidak boleh diikutsertakan lagi di festival ini. Musik/lagu, yang digunakan dalam film tidak diperkenankan menggunakan ciptaan orang lain, kecuali ada ijin tertulis, termasuk penggunaan cuplikan gambar/klip.

Karya dikirim dengan data file dalam flash-disk format MOV/MP4 dikirimkan ke panitia dengan alamat: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung, Kampus Rektorat Jl. Zaenal Abidin Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung disertai Formulir Keikutsertaan, Surat Pernyataan dan SK organisasi mahasiswa/UKM paling lambat tanggal 15 Juni 2019 (cap pos). Informasi lebih lanjut dapat dilihat Panduan pada laman: http://ffmi2019.darmajaya.ac.id.