Beranda Pesawaran Buka Musrenbang, Bupati Pesawaran Mengharapkan Peningkatan Pembangunan di Marga Punduh

Buka Musrenbang, Bupati Pesawaran Mengharapkan Peningkatan Pembangunan di Marga Punduh

Lampunglive.com – Pesawaran – Bupati Pesawatan Dendi Ramadhona berharap ada peningkatan pembangunan di Marag Punduh, Hal itu disampaikan saat memimpin Musrenbang tahun 2019 Kecamatan Marga Punduh, di Sanggar Seni Desa Kampung Kec. Marga Punduh Kab. Pesawaran, Selasa(19/02).

“Saya menyampaikan ucapan terima kepada seluruh elemen warga Marga Punduh, juga seluruh staf pemerintahan daerah, yang terus memberi dukungan serta bantuan dalam mewujudkan agenda-agenda yang telah diamanatkan dalam rencana strategis pemerintah daerah. Harus ada peningkatan pembangunan di Marga Punduh,” kata Dendi

Menurut Dendi, pembangunan yang telah dilaksanakan bersama oleh Pemerintah dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Pesawaran, selama kurun waktu tiga tahun masa jabatan, secara umum telah menunjukkan berbagai perubahan dan keberhasilan. “Kita patut bersyukur, tiga tahun pembangunan menunjukkan keberhasilan. sebagaimana yang telah disampaikan oleh saudara Camat. Kami berkomitmen untuk selalu konsisten dalam melaksanakan Visi, Misi dan Program yang telah ditetapkan,” katanya.

Dendi menjekaskan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten Pesawaran Tahun 2016-2021 dengan Visi “Bersama Masyarakat Pesawaran Mewujudkan Cita-Cita Luhur, mewujudkan Kabupaten Pesawaran Yang Maju, makmur Dan Sejahtera”. “Semua keberhasilan yang telah kita capai, adalah berkat kerja keras dan kerjasama seluruh Aparatur Pemerintah Kabupaten Pesawaran, khususnya Kecamatan Marga Punduh yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat,” jelasnya.

Kami menyadari, lanjut Dendi, disamping keberhasilan dan kemajuan pembangunan, tentunya masih terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan baik dari sisi kebijakan, program maupun kegiatan. “Kita yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan semua kendala dan kekurangan itu akan dapat diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Kecamatan Marga Punduh memiliki potensi fisik kewilayahan berupa keragaman potensi alam. Wilayah yang luas dan ketersediaan lahan memberi peluang untuk dimanfaatkan secara optimal. Demikian juga dengan potensi non fisik berupa sistem religi, sosial dan kegiatan budaya masyarakat yang beragam juga merupakan potensi besar yang layak dikembangkan sebagai kearifan lokal yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan Kesejahteraan masyarakat yang berujung pada peningkatan kualitas hidup.

Pemutakhiran potensi kecamatan Marga Punduh perlu dipersiapkan dengan melakukan pemetaan potensi (Destination Branding) Kecamatan Marga Punduh secara terperinci dengan membuat kajian potensi sumber daya yang terkait dengan investasi yang dapat digunakarn sebagai acuan dalam pengolahan potensi yang terstruktur yang kemudian dapat dikembangkan melalui skala prioritas dalam program yang terintegrasi dan berkelanjutan sesuai dengan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Destination Branding akan menjadi guidence dalam pengembangan Pesawaran sebagai sebuah destinasi penting melalui pengelolaan sumber daya, dan pengembangan produk yang bermuara kepada tata kelola destinasi, sehingga mengundang ketertarikan orang-orang untuk berkunjung, sekaligus para investor untuk berbisnis dan mengembangkan usaha di Pesawaran.

Dan secara substansial dalam konteks perencanaan jangka panjang dan jangka menengah Kabupaten Pesawaran bahwa strategi pengembangan potensi sumber daya unggulan Destination Branding Pesawaran merupakan satu upaya untuk memfokuskan Program dan Kegiatan yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pesawaran 2016-2021 dan menjadi bagian dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran Tahun 2020.

Selain itu, dengan posisi strategis Kabupaten Pesawaran dengan arah pembangunan perwilayahan yang akan dilakukan diantaranya Pengembangan Kawasan Strategis Kabupaten Pesawaran di Kecamatan Marga Punduh yaitu Rencana pengembangan potensi wisata pantai dan potensi pulau-pulau melalui konsep pengelolaan manajemen zona kawasan pariwisata.

Disamping Pengembangan Kawasan Strategis Kabupaten, pembangunan di Kecamatan Marga Punduh juga diarahkan pada Percepatan perwujudan Desa Tangguh dan Mandiri didorong dalam perspektif “Kawasan Perdesaan” sehingga akselerasi pembangunan dapat lebih cepat terwujud dalam upaya pengembangan potensi sumber daya unggulan sebagai Destination Branding Pesawaran, di Kecamatan Marga Punduh diantaranya :

Pariwisata, yaitu Kawasan Perdesaan Berbasis Wisata Bahari Dan Warisan Budaya, meliputi: Desa Pulau Pahawang Desa Kampung Baru; dan Desa Kota Jawa. Koperasi dan UMKM Kawasan Pengambangan Usaha Kecil dan Menengah di Desa Suka Jaya. Perikanan. Kawasan Perdesaan Pengembangan Perikanan meliputi Desa Pulau Pahawang: Desa Kampung Baru, Desa Tajur dan Desa Maja.

Yang utama adalah rancangan Tema pembangunan Kabupaten Pesawaran tahun 2020 adalah “Akselarasi Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran untuk Pertumbuhan Berkualitas” dengan Prioritas Pembangunan Kabupaten Pesawaran Tahun 2020 difokuskan pada Peningkatan Pembangunan Manusia dan Perwujudan Kehidupan Ssial yang Harmonis.Penguatan Infrastruktur dan Kesiapan Penanggulangan Bencana, serta Percepatan Perwujudan Desa Tangguh dan Mandiri. Peningkatan Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Berkinerja Tinggi.

Lalu percepatan Pengembangan Sektor Unggulan dan Peningkatan Iklim Investasi dalam Memperkuat Perekonomian Daerah Untuk mewujudkan tema tahun 2020 dalam pengentasan pengangguran terdapat Program Peningkatan Sarana Prasarana dan Produktivitas Tenaga Kerja, Program Peningkatan Kesempatan Kerja, dan Program pengembangan Sumber Daya Alam Berbasis Kearifan Lokal sehingga dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan dalam hal kemiskinan terdapat Program Usaha Agrobisnis Perdesaan dalam meningkatnya sektor pertanian Kami berharap rencana kerja yang diusulkan benar-benar merupakan program/kegiatan prioritas dan mendesak yang ada di wilayah kerja kita, serta merupakan hasil kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara hasil Musrenbang kecamatan Marga Punduh Tahun 2019 Hasil kesepakatan tersebut selanjutnya masih memerlukan proses sinkronisasi dengan Rencana Kerja tingkat Kabupaten yang akan dipertajam dalam Forum-Perangkat Daerah dan Musrenbang Kabupaten.

“Saya menekankan beberapa hal, agar para camat lebih cepat tanggap terhadap situasi dan kejadian dengan senantiasa memantau situasi dan kondisi wilayah masing-masing. Meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu- waktu dapat terjadi di wilayah kita. Agar senantiasa menjaga kondisi yang kondusif di wilayah masing-masing. sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berkesinambungan” kata Dendi menutup sambutannya.

Selain Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran, didampingi Asisten Bid. Pemerintahan dan Kesra, para Kadis yaitu, Kadis Pendidikan, Kadis PUPR, Kadis PRKP, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, Kadis PPPA, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis PMD, Kadis Perhubungan, Kadis PPKB, Kadis Koperasi & UMKM, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kadis Pariwisata, Kadis Perindag, Kadis Dukcapil, Kabag Kesosmas, Kabag Pemdes, Kabag Bipotda, BAPEDDA, Kepala Baznas Kab. Pesawaran,

Hadir Kapolsek Padang Cermin Iptu Syamsu Rizal, S.IP, Camat Marga Punduh, Kapolsek Padang Cermin, Danramil 05 Pdc Padang Cermin, Para Uptd Kec. Marga Punduh, Para Kades Se Kecamatan Marga Punduh, Aparatur Desa Se Kecamatan Marga Punduh, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh adat, Tokoh Pemuda dan Warga Masyarakat Kecamatan Marga Punduh.